#58 Ular Belang

(Surat Ikyu untuk Prajnacita “Taya” Sidharta, sahabat, di Jakarta)

 

Wanci, 2 Juli 2011

 

Hey Tayaa!! Sekarang aku sudah sampai di Wanci. Kamu tahu Wanci di mana? Dia ada di Pulau Wangi wangi yang juga menjadi bagian Kepulauan Wakatobi. Lucu ya, habis dari Bau bau sekarang aku datang ke Wangi wangi. Aku juga baru tahu lho, Wakatobi ternyata singkatan dari Kepulauan Wangi wangi, Kaledupa, Tomea, dan Binongko. Tidak seperti sebelumnya, ini adalah pertama kalinya kapal sandar di pagi hari, jadi aku bisa lihat pemandangan dengan jelas.

Pelabuhan di pulau ini tidak sebesar pelabuhan di Surabaya, Makassar, Benoa, atau Bau bau, tapi kelihatannya lebih bersih, air lautnya bening sekali sampai-sampai ikan-ikan yang berenang ke sana kemari kelihatan jelas, seperti sedang menari-nari. Tadi, waktu aku sedang duduk-duduk sambil foto-foto di pinggir Pantai Waetuno, aku sempat melihat ular laut belang sedang berenang dengan santainya. Hiii, serem juga kalau sampai kena gigit, ular itu kan berbisa.

Pulau ini juga tidak besar, jalan rayanya kecil tapi tidak banyak mobil yang berlalu-lalang, sangat kebalikan dengan Jakarta. Aku sendiri suka berada di Wanci, apalagi di pantainya yang berair bening dan biru. Aku sempat mendengar bahwa orang-orang yang datang ke Wakatobi sebenarnya untuk menemukan diving spot yang keren, karena Wakatobi lautnya masih bersih dan mempunyai kehidupan bawah laut yang disukai para diver dari dalam maupun luar negeri. Sayangnya aku belum bisa diving, dan kalau pun bisa pasti nggak sempat karena kapal hanya mampir sekitar dua jam saja. Jadi mungkin lain kali kalau aku sudah punya sertifikat diving aku akan pergi lagi ke Wanci dan mencobanya.

Di Wanci juga ada suku yang namanya suku Bajo, mereka adalah orang-orang yang tinggal di laut, rumah mereka bermodel rumah panggung. Kata Bapak, suku Bajo bukan hanya ada di Wanci atau Indonesia saja, tapi juga di Filipina dan beberapa tempat lainnya. Hal yang bikin aku kagum dengan suku Bajo adalah, walaupun mereka terpisah ribuan kilometer, mereka punya bahasa yang sama. Aku sempat juga diajak melihat perkampungan Bajo dari dekat, sayang hujan turun jadi aku hanya melihat dari dalam mobil saja.

Sampai di sini dulu, ya. Hope your holiday is going well.

 

 

Ikyu