Ngopi di Hong Kong

Masih ingat surat Veve dari Hong Kong? Nah, kali ini dia berbagi cerita tentang tempat-tempat ngopi asik di kota tempat tinggalnya itu. Silakan disimak, siapa tahu berguna…

Acara jalan-jalan akan lebih lengkap kalau ditambah dengan wisata kuliner makanan dan minuman daerah tersebut. Kali ini kita bahas yang ringan dan yang seru lebih dulu, wiskul kopi di Hong Kong. Jadi kalau teman-teman ke Hong Kong dan kaki sudah pegal akibat jalan seharian, bisa rehat sejenak di coffee shop yang seru dan harganya ekonomis.

Pacific Coffee di The Peak

Hampir 100% turis yang datang ke Hong Kong akan berkunjung ke The Peak. Area turis ini letaknya di atas bukit dan dari sana kita bisa lihat Hong Kong dari ketinggian, akan beda tentunya pemandangan di siang dan malam hari. Keduanya cantik. Saran saya, datang ke The Peak sekitar pukul 17.00 jadi kita bisa lihat Hong Kong dengan sinar matahari, tunggu saat sunset yang biasanya pukul 19.00, lihatlah berbedaan pemandangannya di kala senja. Bloody damn too beautiful!

Beberapa coffee shop tersedia disana seperti Starbucks, Delifrance dan Pacific Coffee. Pribadi saya akan pilih Pacific Coffee karena tidak ada cabangnya di Jakarta. Kabarnya kopi merk ini lebih keras sehingga lebih berasa kopinya. Selain itu, lokasinya di sisi bukit jadi kita bisa lihat pemandangan Hong Kong dengan puas. PS.: ada smoking area diluar.

Secangkir cappuccino/latte panas ukuran tall harganya HK$ 35, secangkir teh seharga HK$23, sedangkan muffin sekitar HK$ 16.

 

Cave di Stanley

Lokasi tepatnya di 25 Stanley Market Road, Stanley. Stanley market terkenal di kalangan turis yang datang ke Hong Kong. Dulunya tempat ini adalah perkampungan nelayan. Jadi tempatnya seru banget, bisa shopping di pasar souvenir, ada mall juga, ada restoran juga sisi lautnya kelihatan.

Namanya juga ‘Cave’ alias goa, letaknya dibawah tanah. Begitu kita turun kebawah, kita akan dihadapkan dengan pilihan teh, kopi, roti, kue, sandwich juga salad yang menggoda selera.

 

Simply Life di Admiralty

Café ini letaknya di dalam mall: Shop B05-06, 1/F, LAB Concept, Queensway Plaza, 93 Queensway Admiralty.

Seru kalau datang saat ‘tea time’ antara pukul 15.00 s/d 17.30 karena mereka punya paket ‘high tea’ seharga HK$ 55 tambah 10% pajak per orang. Menunya variasi dan cukup mengeyangkan misalnya dengan sandwich. Menu favorit saya adalah secangkir cappuccino dan satu buah kue. Pilihan kuenya banyak bikin ngeces.

 

Passion di Johnson Street No 74-80, Wan Chai

Café ini memiliki cabang di beberapa tempat, salah satunya di Wan Chai. Naik MTR turun di Wan Chai, keluar di exit A3 tepat di Johnson Street.

Tempatnya kecil tapi banyak pilihan kopi/teh dan makanannya. Karena banyak kantor disekitarnya, tempat ini jadi favorit sebagai tempat where people grabs their food for lunch. Selain roti, kue, sandwich dan saladnya yang enak, yang datangpun wajahnya enak dipandang, LoL.

Kalau mau agak santai, datanglah sebelum jam 11.30 atau sesudah jam 14.30, dan nikmati kopi/teh dan pilih kue-kuenya. Nyam nyam…

 

Coffee Academics di Johnson Street No 35-45, Wan Chai

Di jalan yang sama dengan Passion yang disebut diatas, ada salah satu cabang Coffee Academics.

Selain kopi/teh dan kue, ada juga makanan berat yang cocok untuk makan siang. Secangkir cappuccino/latte ukuran kecil seharga HK$38. Harga sepotong kue berkisar antara HK$ 42 keatas.

Cabang lain Coffee Academics yang seru juga ada di Causeway Bay, tepatnya di Yiu Wa Street No 38 yang kurang lebih di belakang Times Square. Menunya hampir sama, seingat saya hanya ada satu kue yang membedakan, lainnya sama. Tapi soal pengunjung, yang datang di Yiu Wa Street lebih enak dipandang, LoL.

 

Cafe Corridor di Causeway Bay

Lokasinya di seberang Times Square – Causeway Bay yang selalu ramai. Naik MTR turun di Causeway Bay, cari exit A yaitu Times Square. Jalanlah keluar sampai lobby dan cari café ini di seberang jalan.

Namanya juga koridor, posisi café kecil ini di ujung koridor. Sesuatu yang beda aja masuk ke café ini, koridornya tidak terlalu besar, dan sepertinya diujung ngak ada apa-apa tapi ternyata ada café ini!

Selain kopi/teh, ada juga makanan berat untuk makan siang. Tersedia ada smoking area dibelakang.

Secangkir cappuccino/latte panas seharga HK$ 35 sedangkan kue-kuenya antara HK$30-35.

 

Toast Box di Basement, Times Square – Causeway Bay

Kalau bosan dengan cappuccino atau latte, ada pilihan kopi hitam atau ditambah dengan susu kental manis. Pasti pernah dengar nama café ini di Jakarta. Yang saya suka dengan café ini, kopinya serasa lokal banget dan side dish-nya yang roti bakar kering dengan selai kaya itu maknyus banget. Harga ekonomis HK$ 32 untuk sepaket kopi susu, roti bakar dan dua telur rebus. Ada lagi paket yang lebih murah yaitu HK$29 yang berisi secangkir kopi susu, dua telur rebus dan satu roti bundar.

Masih banyak lagi tempat ngopi yang seru di Hong Kong, yang bisa kita bahas lain kali. Sebagai catatan, harga yang dipakai di artikel ini adalah harga yang berlaku saat artikel ini dibuat dan digunakan hanya sebagai referensi. Untuk perbandingan secangkir cappuccino/late ukuran tall di Starbucks harganya HK$33.

Harap dimaklumi, umumnya restoran/café di Hong Kong penuh di jam-jam sibuk. Karena ruang terbatas dimana harga sewa ruangan mahal, membuat tamu harus saling toleransi, kalau tamunya tiga orang maka akan diberikan tiga kursi dan berbagi meja dengan orang lain (penting dicatat). Sering juga kita tidak bisa terlalu lama nongkrong di café, karena penuh dan banyak yang antri. Jadi pintar-pintarlah mengatur jadwal ngopi dan pilih tempat yang nyaman.

Acara ngopi identik dengan banyak hal. Buat saya, ngopi artinya ‘berbagi’. Kalau ngopinya sendirian berarti berbagi waktu untuk diri sendiri alias ‘me time’. Kalau dengan teman/saudara artinya berbagi sesaat dengan mereka. Sesaat menikmati aroma dan rasa kopi, makanan pendamping kopi yang biasanya kue-kue juga ditunggu-tunggu. Setelah itu, tukar cerita dengan teman/saudara biasanya makin lancar… apalagi kalau ngopinya di Hong Kong, it is so memorable!

 

Veve