#28 Inspirasi Samudera

 

(Surat Iwan untuk Noviana Kusumawardhani, Cerpenis, sahabat, di Ubud, Bali)

 

Pantai Iboih, 21 Juni 2011

Di udara, sembilan burung laut putih tampak kompak mengepak sayap, berbaris terbang melintas cakrawala, panorama menakjubkan ini sangatlah mempesona. Kalau kamu ikut, aku yakin kamu juga akan menyukai semilir angin dan aroma kebebasan samudera ini, belum lagi pemandangan biru langitnya dan pasir dengan ribuan nyiur di sepanjang pantai indahnya. Berbeda dengan perjalanan darat dan udara, dalam pelayaran kemarin aku mencatat pengalaman dan banyak kenangan istimewa, termasuk kesempatan berinteraksi dengan banyak penumpang yang beragam karakternya.

Aku sempat berkenalan dan ngobrol dengan Dirin, seorang pemuda dari Banjarnegara yang akan ke Batam. Dia naik kapal laut karena ongkosnya yang terjangkau. Bersama dua orang teman dia pergi untuk mencari kerja di perusahaan atau pabrik yang ada di Batam. Selain dia, ada Marudut, lelaki gemuk asal Medan yang senang melucu.

Di atas kapal ini aku juga berkenalan dengan dua anak muda asal Florida, Amerika, yang baru saja lulus kuliah. Sambil menunggu panggilan kerja di Kuala Lumpur mereka melancong ke Sumatera untuk melihat orangutan, binatang langka yang selama ini hanya mereka tonton di saluran televisi National Geographic saja.

Bukan hanya dengan penumpang, aku juga berkenalan dengan para Anak Buah Kapal di KM Kelud, mulai dari mereka yang bertugas menyiapkan makanan, membersihkan kapal, mengurus mesin, hingga para perwiranya.

Pasti banyak sekali inspirasi yang akan kamu dapat di sini, bisa berupa cerita suka, cerita duka, lengkap dengan segala pesona dan problema cinta yang mengikutinya. Sepertinya, laut dan pantai adalah ladang ide yang subur. Bukankah Ernest Hemingway menulis The Old Man and The Sea juga karena inspirasi yang datang saat dia duduk di desa nelayan Cojimar di timur Havana? Hiruplah udara laut, sebuah novel berlatar nelayan, kapal, dan samudera menunggu untuk ditulis. Seperti Hemingway, siapa tahu kamu juga akan mendapat nobel di bidang sastra.

 

Iwan