Saya dan Oscar de la Renta

21 Oktober 2014, siang hari, saat dalam perjalanan mengantar bekal makan siang Ikyu ke sekolah, saya menerima pesan dari Line Ikyu yang isinya begini:

“Ibu, ini serius. Oscar de la Renta died!”

Sebagai fashionista dan punya cita-cita bekerja di fashion industry, putri saya yang ABG ini tentu sangat up date dengan berita-berita seputar dunia fashion. Berita kematian desainer idolanya itu tentu saja bikin dia sedih dan kaget (satu hari dia pernah bilang pada saya, kalau nanti menikah dia ingin pakai gaun rancangan Oscar de la Renta. Saya hanya mengamini saja kata-katanya itu :) ).

Buat saya sendiri, Oscar de la Renta punya tempat istimewa di hati. Meski pun saya bukan penggila produk-produk desainer fashion dunia, tapi diam-diam saya adalah penikmat karya mereka, walau sebatas menonton gambarnya saja. Salah satunya ya itu, favorit saya: Oscar de la Renta yang terkenal dengan rancangan gaunnya yang cantik dan mewah.

Sampai di rumah, muncullah ide untuk membuat karya sulaman dari salah satu rancangannya yang ingin saya dedikasikan buat beliau sebagai rasa terima kasih saya atas desain-desain busananya yang indah dan memanjakan mata, membuat saya terhibur dan sejenak melupakan dunia yang semrawut dan acak-adut ini… :D

Tidak sulit menemukan gaun rancangan Oscar yang jadi favorit saya, saya ingat betul pada gaun bergaris a la chevron yang diluncurkan untuk musim semi 2013 itu. Meski pun berbentuk gaun panjang, tapi kesannya tetap casual. Mungkin karena warna, motif, dan juga tambahan saku di kiri dan kanannya. Bayangkan, saku di gaun malam! Dia jenius, bukan? Hahaha… Lalu siapa yang akan jadi modelnya? Ya tentu saja saya sendiri…

Maka kesibukan pun dimulai…

Memilih quote Oscar yang paling saya suka dan membuat sketsa…

Mulai dengan menyulam wajah saya sendiri :) Kurang rapi karena terlalu kecil ukurannya. Tak apa, next time better

Menyulam detail corak garis dan quote ternyata bukan pekerjaan gampang. Huft…

Setelah total 15 jam kerja, akhirnya sulaman “Tribute to Oscar de la Renta” ini pun (saya anggap) selesai…

Sekali lagi, terima kasih, Pak Oscar, untuk karya-karya indahmu. Ciao, genius…

“The qualities I most admire in woman

are confidence and kindness”.

~Oscar de la Renta (1932-2014)

 

Cheers,

indah

 

Featured image courtessy of @inezvinoodh instagram