Saat koboi dapat kambing | sebuah resep masakan

Ini bukan resep dapur beneran, ini adalah resep “cowboy” saat mendadak dapat daging kambing kurban dari masjid di kala Lebaran Haji atau Iedul Adha.

Daging sudah di tangan, lalu mau kita apakan? Jangan dimakan mentah-mentah, kita bukan karnivora seperti serigala, kita perlu memasaknya. Mau dimasak apa? Bagaimana caranya?

Pakai cara yang gampang saja, nggak usah yang terlalu banyak aturan, yang penting hasilnya enak, masaknya juga nggak ribet.

Sate Kambing Buffalo Bill

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

500 gram daging kambing

500 gram buah nanas diparut

1,5 – 2 sendok kecap manis

 

10 butir cabe rawit

10 bawang merah

2 buah tomat

5 sendok kecap manis

 

Langkah dan startegi pembuatan:

  • Supaya daging terasa empuk, bungkus daging dengan daun papaya atau parutan nanas selama 5-10 menit. Potong daging kambing sesuka hati, kalau bisa jangan terlalu besar agar lebih cepat matang.
  • Tancapkan potongan daging pada tusuk sate yang sudah direndam dalam air
  • Carilah ranting kayu atau syukur-syukur memang ada arang batok kelapa.
  • Bakar sate menurut kata hati, sesuai kematangan yang diinginkan
  • Untuk bumbunya, ulek atau iris kecil-kecil cabe rawit merah, campurkan dengan bawang merah dan tomat dalam piring, lalu tambahkan kecap manis secukupnya.

Sate Buffalo Bill siap disantap dengan maupun tanpa nasi. Kami sarankan tidak dimakan sendirian, koboi berumur tak baik makan daging kambing terlalu banyak. Berbagi pada teman, saudara, maupun tetangga sangat kami anjurkan.

Makanan harus nikmat, tapi koboi juga harus tetap sehat!

Mbeeeek…. Yihaaaaa!!!