Natura Lova

Satu hari di bulan Agustus, datang sebuah paket untuk saya. Ternyata itu kiriman dari seorang sahabat lama, Alia H. Kardin. Sudah lama sekali kami tidak berjumpa. Dari social media sedikit-sedikit saya mengikuti juga kegiatan Alia yang sedang sibuk membangun bisnis barunya yang berhubungan dengan minyak kelapa atau yang sekarang sedang banyak dibicarakan orang, VCO atau Virgin Coconut Oil, hanya sebatas itu.

Dengan rasa penasaran saya segera membuka paket tersebut. Ternyata benar, isinya produk-produk Natura Lova, brand yang selama ini sering dibicarakan Alia melalui akun twitter dan facebooknya.

Ternyata di luar bayangan saya, bahwa Alia dengan Natura Lova-nya hanya memproduksi VCO murni, kini Natura Lova sudah punya rangkaian produk baru, seperti yang Alia kirim untuk saya. Wah, maju juga ternyata usaha teman saya yang satu ini :)

Ketika menghubungi Alia, selain untuk berterima kasih saya juga sempat bertanya tentang Natura Lova. Alia pun bercerita panjang lebar tentang produknya tersebut:

“Natura Lova berdiri sejak 10 Oktober 2010. Bermula dari kebutuhan sendiri untuk lebih bergaya hidup sehat dengan mengonsumsi produk-produk organik, sehingga membeli produk-produk organik dari luar negeri.

Salah satu produk organik yang sering dibeli adalah Extra Virgin Coconut Oil yang diproses tanpa pemanasan sama sekali (100% Cold Processed) milik sebuah merek yang populer di Amerika. Setelah beberapa kali membeli dari luar negeri, Alia berniat menjadi distributor tetapi ketika mencoba menghubungi produsennya betapa kagetnya Alia karena ternyata produksi merek EVCO 100% Cold Processed berada di Filipina tetapi pemasarannya berpusat di Amerika. Jadi, minyak kelapa tersebut dibuat di Filipina lalu dikirim ke Amerika untuk dikemas dan kemudian dipasarkan di seluruh dunia. Kita pun tidak diperbolehkan untuk membeli langsung dari Filipina. Bayangkan betapa banyak jejak karbon yang mengotori bumi ini bila terus-terusan membeli merek ternama tersebut!

Saat itu Alia merasa begitu bodoh. Beli minyak kelapa saja, harus beli dari negeri tetangga… itupun baru bisa dibeli setelah dikirim dulu ke Amerika. Masa iya di Indonesia yang banyak pohon kelapanya tidak ada orang yang bisa membuat minyak kelapa murni atau Extra Virgin Coconut Oil yang 100% Cold Processed dan memiliki kualitas yang sama dengan merek ternama tersebut? Tetapi setelah lama mencari, jawabannya adalah memang tidak ada.

Setelah berbulan-bulan menelusuri berbagai pelosok Jogjakarta dan Bali untuk menemukan produsen minyak kelapa murni yang diproses tanpa pemanasan, Alia pulang ke Jakarta tanpa hasil. Seluruh minyak kelapa yang diproduksi menggunakan proses pemanasan – menggunakan cara tradisional, yaitu: dari santan, dipanaskan sehingga keluar minyak kelapanya. Setelah berkali-kali mencicipi dan melihat berbagai macam jenis minyak kelapa yang dijual dalam kategori “Virgin Coconut Oil”, membuat Alia bisa dengan mudah membedakan mana minyak kelapa yang diproses tanpa pemanasan sama sekali dan mana yang menggunakan pemanasan ataupun diproses dengan mesin sentrifugal.

Saat hampir putus asa, tiba-tiba Alia bertemu seorang petani minyak kelapa di Bali yang juga mau bersama-sama memproduksi minyak kelapa murni yang 100% tanpa pemanasan. Proses pembuatannya dibuat sama persis dengan proses pembuatan EVCO merek populer luar negeri tersebut. Hasilnya, Asam Laurat yang dikandungnya tinggi, sebesar 57%!

Tidak banyak yang tahu bahwa minyak kelapa murni merupakan sumber asam laurat terbesar kedua setelah Air Susu Ibu. Asam Laurat-nya inilah yang menjadikan minyak kelapa dikenal juga sebagai salah satu superfood, yaitu makanan yang juga memiliki nutrisi tinggi dan manfaat medis. Asam Laurat dalam minyak kelapa memiliki manfaat yang sama dengan asam laurat dalam Air Susu Ibu.

Minyak kelapa murni yang diproses tanpa pemanasan sama sekali atau 100% Cold Processed membuat asam lemaknya terjaga utuh, sehingga kandungan asam lauratnya juga menjadi lebih tinggi dibandingkan jenis minyak kelapa lain. Ini yang menjadikan EVCO 100% Cold Processed “lebih bernilai”, proses pembuatannya yang juga jauh lebih lama daripada yang menggunakan proses pemanasan menjadikan harganya juga lebih tinggi.

Selain bagus untuk kulit, menyuburkan rambut, mencegah ubanan, meregulasi sistem pencernaan tubuh, EVCO 100% Cold Processed juga dapat menurunkan gula darah penderita diabetes, menyehatkan jantung para penderita jantung, serta meningkatkan daya tahan tubuh buat penderita penyakit-penyakit lainnya.

Walaupun Indonesia memiliki pohon kelapa terbanyak di dunia, tetapi ternyata pengetahuan masyarakat tentang manfaat minyak kelapa masih sangat minim. Malahan, orang-orang asing sudah lebih mengenali manfaat minyak kelapa. Dan orang-orang asinglah yang lebih giat mencari EVCO 100% Cold Processed.

Melihat situasi tersebut, Alia merasa sangat sedih. Kekayaan alam negeri Indonesia malah lebih dikenali dan dihargai oleh orang asing. Karenanya melalui Natura Lova, dimulailah kampanye #GoCoconut di media digital untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang betapa luar biasanya manfaat minyak kelapa.

Dari mulai sekedar mencoba-coba, sehingga menjadi kebutuhan sendiri lalu menjadi kebutuhan keluarga (ibunya Alia adalah penderita diabetes yang setelah 3 tahun mengkonsumsi EVCO kini sudah stabil gula darahnya sehingga tidak perlu disuntik insulin lagi) sehingga lama-lama tersebar dan banyak teman-teman yang tertarik mencoba dan membuktikan khasiatnya, serta mulai dijual untuk umum dengan merek Natura Lova.

Dalam usianya yang masih bayi, Natura Lova sudah memiliki puluhan pelanggan tetap yang telah membuktikan manfaat EVCO 100% Cold Processed dan masih setia memesan EVCO secara berkala. Natura Lova sendiri juga telah menurunkan varian Face, Hair & Body Oil yang semuanya berbasis EVCO 100% Cold Processed dalam kemasan yang lebih praktis serta Body Pebbles (ramuan body scrub) yang terbuat dari resep tradisional Beras Kencur.

Ternyata kekayaan alam Indonesia masih begitu banyak yang belum diketahui dan dikembangkan, dan merupakan salah satu impian Alia melalui Natura Lova untuk mempromosikan kekayaan alam Indonesia agar dapat dimanfaatkan kebaikannya untuk seluruh rakyat Indonesia.”

Saya pikir, alangkah baiknya bila kita bisa menyokong niat baik dari Alia ini.

 

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Natura Lova silakan kunjungi fanpagenya di www.facebook.com/naturalova atau melalui website www.naturalova.com dan follow twitternya @naturalova.

 

Cheers,