Perihal kursi Jokowi (sebuah mini opini)

Saudara Jokowi,

Ada sebuah informasi yang mungkin belum Anda ketahui, kemarin,  17 Agustus 2014, ada segerombolan orang, terdiri dari ibu-ibu dan beberapa laki-laki, membuat ulah dengan mengubah tampilan kursi/bangku taman milik Pemda DKI di depan (trotoar) Museum “gajah” Nasional, Jalan Merdeka Barat. Walau diawasi oleh aparat TNI dan Polisi, sepertinya mereka tak peduli, terus saja melanjutkan aksinya.

Ibu-ibu itu ‘mengotori’ kursi/bangku taman Anda dengan sulaman aneka warna. Mereka bilang, warna-warni itu adalah simbol keragaman budaya, suku, bahasa, ras, dan agama di Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika.

Ibu-ibu itu pasti sudah lama merencanakannya, merajut dan menyulam bukan pekerjaan instan, mereka pasti butuh waktu berminggu-minggu untuk menyelesaikannya. Walau melelahkan tapi  mereka tetap terlihat gembira dan penuh tawa.

Saat datang dan melihat kursi itu saya juga bertemu dengan Bu Darti, penyapu dan penjaga kebersihan di kawasan itu. Dia perhatikan betul dua buah kursi/bangku taman yang sekarang sudah berubah rupa tersebut. ( Bisa jadi dia akan melaporkannya pada atasannya, atasannya akan melaporkan pada atasannya, teruuus hingga sampai ke telinga Anda).

Melngingat kursi/bangku taman tersebut sangat berpontensi menciptakan “konsentrasi massa”, langkah selanjutnya, saya serahkan sepenuhnya kepada Anda. Apakah Anda akan memerintahkan Satpol PP untuk merobek, melarang dan menangkapi mereka, atau malah akan Anda ajak mereka minum kopi dan menjadikannya teman untuk memperindah negeri saat Anda menjadi presiden nanti?

Agar laporannya makin lengkap, saya beritahu Anda siapa saja yang berada di balik pengubah rupa kursi/bangku taman milik Pemda DKI di (trotoar) depan Museum “gajah” Nasional itu. Mereka adalah kumpulan para crafter yang tergabung dalam Komunitas Relawan RajutKejut:

  1.  Asri Soerjadi
  2.  Atie Sardjito
  3.  Bayu
  4.  Dini Adanurani
  5.  Elisabet Tata
  6. Fransiska Cj Xaveria
  7. Gede Puja
  8. Harjuni Rochajati
  9.  Hira Kintawati
  10.  Ilma Raihana
  11.  Indah Esjepe
  12. Murni Ideki
  13. Neneng Hariarti
  14. Noor Diniari
  15. Opay Siopay
  16. Rizki P Sari
  17. Restanti Lisa Natalisa
  18. Titut Mulyono
  19. Toni Siahaan
  20. Ukke R. Kosasih
  21. Utie Wahono
  22. Vidhyasuri Utami
  23. Yulina Achrini

 

Salam,

 

*Kalau saya punya opini, “Bangku itu kini terlihat makin cantik”.