Kesedihan sang juru hibur

Kematian adalah sebuah keniscayaan, tapi tetap saja kita sering dibuatnya terkejut. Seolah tak percaya atas kepergian seseorang itu. Kematian adalah misteri, Kapan? Di mana? Dan apa sebabnya?

Di era 80-an kami melihatnya di film seri Mork and Mindy yang tayang di TVRI. Robin McLauirin Williams, komedian kondang kelahiran 21 Juli 1951 ini berperan sebagai Mork, mahluk dari planet Ork. Lucu sekali tingkahnya, salam Nanoo-nanoo-nya sangat terkenal pada masa itu. Di film Good Morning, Vietnam laki-laki ini dapat peran sebagai seorang penyiar radio. Dalam film Dead Poets Society, peraih 3 kali Academy Award sebagai aktor terbaik ini nyaris sempurna memerankan tokoh guru bahasa Inggris yang menginspirasi murid-muridnya melalui puisi.

Film Popeye, Hook, Happy Feet, Aladdin, Patch AdamJumanji, FlubberNight at the Museum, RV, Mrs Doubtfire, membuat anak-anak merasa terhibur, senang, dan dekat padanya. Sesuai peran dan suaranya, warga dunia mencatat Robin sebagai sosok yang hangat. ceria, dan senantiasa positif melihat dunia dan kehidupannya.

Betapa terkejutnya kita, ketika diberitakan pada tanggal 11 Agustus Robin Williams kedapatan sudah tak bernyawa, di rumahnya, di California. Berdasarkan laporan pihak kepolisian, kemungkinan besar kematiannya tersebut disebabkan oleh bunuh diri.

Dunia kehilangan juru hibur hebat. Siapa yang mengira, sang juru hibur itu mengalami banyak kesedihan dan tekanan dalam hidupnya. Betapa kita telah berhutang banyak pada Robin Williams, di balik aktingnya yang menghibur ternyata dia amat sangat menderita.

Memang, seringkali kita tidak mengetahui, bagaimana perasaan orang lain yang sesungguhnya. Seorang teman yang selalu tersenyum dan tampak baik-baik saja, bisa jadi sedang menyimpan persoalan yang sangat berat.

Plato pernah berkata, “Be kind, for everyone you meet is fighting a harder battle” . Terjemahan bebasnya kira-kira begini: ‘Berbaik hatilah kepada orang-orang yang kau temui, karena bisa jadi mereka juga tengah berjuang dalam “pertempurannya” sendiri yang lebih berat.’

Selamat jalan, Robin Williams. Terima kasih sudah menghibur dunia…

 

 

Sumber foto: internet / 9gag