Menguping Obrolan di Kedai Tjikini

Meja #5

SFX : (Suara Hape berbunyi nyaring)

Inggita: Hallo! Iya, aku sudah sampai nih. Kamu sudah sampai di mana? Oh, ya, dari arah Gambir lewati Tugu Tani teruuus ke arah SMA Kanisius… Terus lagi ke arah Taman Ismail Marzuki. Pelan-pelan, posisinya ada di sebelah kiri.

SFX : Suara sendok beradu dengan gelas

Inggita: Iya, nggak jauh setelah Kantor Pos yang ada di pojokkan itu. Wah, kalau sudah sampai toko kue Tan Ek Tjoan artinya sudah kelewatan. Di kaca depannya ada tulisannya kok, Cikini, pakai ejaan lama, te-je-i-ka-i-en-i. Jalan Cikini Raya no 17. Cepetan ya, aku tungguin.  Daaag.

Meja #1

SFX  : Suasana restoran dengan musik jazz mengalun lembut

Pak Adit : Apakah benar kedai ini menjual makanan rumahan, apa saja menunya?

Waiter : Benar, Pak. Kami menyediakan berbagai suguhan khas yang tak dijual di toko sebelah.

Pak Adit : Hmm…

Waiter : Ada sayur lodehawe, ketupat sayur, lontong cap go meh, nasi goreng belacan, nasi rames dan beberapa lainnya.

Pak Adit: Apa itu Lodehawe?

Waiter : Itu adalah paduan aneka  sayuran seperti labu siam, kacang panjang, nangka, melinjo, jagung serta irisan tempe yang dimasak dengan santan yang gurih. Dasajikan dengan nasi putih, ayam goreng kampung, tahu-tempe goreng, serta sambal kecombrang.

Pak Adit : Wah mirip sekali dengan sayur Lodeh ya…

Waiter: Hehe, itu memang lodeh pak, ditambahi nama peracik bumbunya. Enak pak, banyak yang suka menu itu.

Pak Adit : Kalau nasi goreng belacan?

Waiter: Nasi goreng dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit dan terasi atau belacan, Pak. Disajikan bersama telur mata sapi, kerupuk udang, dan acar.

Pak Adit : Ok, saya mau satu Nasi goreng belacan dan satu lodeh… apa tadi?

Waiter :  Lodehawe…

Pak Adit : Ya, satu Lodehawe untuk istri saya

Waiter : Minumnya pak?

Ibu Ati : Saya ingin coba gula asam…

Waiter : Kami juga punya jus buah segar, alpukat, jeruk, semangka dan terong belanda…

Pak Adit : Tidak, saya bosan minum jus, saya ingin coba ini saja, minuman cap Badak.

Ibu Ati : Apa itu Pa? (Penasaran)

Pak Adit : Mama mesti coba, rasanya enak-enak… gimana gitu.

Ibu Ati : Gimana gitu… gimana sih? (Manja, penasaran)

Pak Adit : Pokoknya enak ma.

Ibu Ati : Ah Papa…ini khan Sarsaparila (Tertawa kecil)

Pak Adit dan Ibu Ati : Hahaha (Tertawa bersama)

Meja # 3

SFX : Suasana restaurant

Imad: Enak ya tempat makan ini, bangunan tua yang dirawat.

Ingga : Makanannya juga bikin gue inget sama nenek gue di Jogya. Berasa pulang kampong. Musiknya keren, nikmat bener makan di sini.

Imad : Bosen juga juga ya makan pizza, burger, spaghetti, dan fast food lainnya. Di sini kita bisa nemu ketan srundeng, dan tiga serangkai.

Ingga : Apaan tuh Tiga Serangkai?

Imad : Itu, tiga gorengan nikmat,  tahu, tempe dan pisang!

Ingga : Hahaha, ada-ada saja…